history of herlandhi

history of herlandhi

Sabtu, 02 Juni 2012

Sariawan di Tenggorokan

Saya sempat mengalami infeksi/peradangan di langit-langit mulut bagian belakang dan di sekitar tenggorokan. Di bagian itu terdapat luka-luka kecil seperti sariawan yang lumayan banyak jumlahnya setelah saya lihat sendiri. Ini asli, banyak banget lukanya. Bisa dibayangkan kan bagaimana rasa perih, nyeri untuk menelan makanan (tetapi untungnya saya termasuk orang yang doyan makan, apapun halangannya, saya tetap makan banyak,hehe), pegel, panas, bahkan di hari keempat saya sempat mengalami demam karena kurang fitnya kondisi badan. Sariawan itu disebabkan karena kondisi kekebalan tubuh saya yang menurun sehingga kuman/bakteri/mikroorganisme mudah masuk dan menyerang tubuh saya. Selama 4 hari itu saya tidak meminum obat apapun karena saya sangat malas minum obat karena sudah terpatri di otak saya bahwa obat itu racun sehingga apabila sakitnya masih bisa disembuhkan dengan makan yang teratur dan bergizi diserta istirahat yang cukup, saya tentu saja lebih memilih itu.

Tapi dihari kelima karena saya tak kunjung sembuh juga, saya akhirnya memutuskan untuk membeli obat di apotek dan meminumnya. Memang cepat sembuh, baru 2 kali minum obat rasa pegel dan nyerinya sedikit berkurang tetapi lukanya masih menganga =,="

Saran untuk kalian yang punya kegiatan padat, sebaiknya jaga kondisi badan dan bila diperlukan konsumsilah vitamin sebagai penambah stamina dan kekebalan tubuh. Jaga kebersihan gigi dan mulut juga hindari merokok dan apabila mengalami seperti saya, jangan makan makanan yang berminyak, pedas, kurangi konsumsi air dingin yang berlebihan, hindari makanan yang keras, dan bila diperlukan berobatlah ke dokter untuk penyembuhan yang lebih cepat. Mari kita biasakan hidup bersih dan sehat untuk masa depan yang nikmat :)
Ini contoh hasil endoskopi tenggorokan, tapi bukan punya saya, tapi mirip dengan yang saya alami.




Sampai saat saya megetik ini, sakit saya belum sembuh, semoga lekas disembuhkan, Amiin Ya Rabb :)


8 komentar:

riestyrahajeng mengatakan...

Get Well Soon Djokemmmm!!!

Anonim mengatakan...

wah wlwpun telat berbulan2 gapapa ya mbk, skrg sudahkah sembuh jeng? Saat ini sy jg mengalaminya, di lidah 1 ga smbuh2 dan di tempat ky mbak alami juga bnyak.. Saya takut sekali ni.. Sembuhny pake apa y? Sy kbtlan lg hamil jd serba bngung.. Udah k dktr tht dksh obt tetes telan, ktny aman untk ibu hamil.. Bgmana ada solusi? Maturnuwun..

Anonim mengatakan...

Katax itu virus flu singapura ya? Betul ngk sich gejalax byk sariawan/luka2 ditenggorokan kyk yg skrg aq alami.

Herlandhi Yoka Wijayanti mengatakan...

kalau setahu saya flu singapura ada luka2 di kaki.. tp yg saya alami itu hanya sariawan biasa saja karena kurang asupan vitamin c dan buah-buahan.. mungkin apabila sariawan masih bisa diobati sendiri,obati saja dengan makan buah yang bervitamin dan antioksidan tinggi.. hehe

Herlandhi Yoka Wijayanti mengatakan...

kalau setahu saya flu singapura ada luka2 di kaki.. tp yg saya alami itu hanya sariawan biasa saja karena kurang asupan vitamin c dan buah-buahan.. mungkin apabila sariawan masih bisa diobati sendiri,obati saja dengan makan buah yang bervitamin dan antioksidan tinggi.. hehe

sirloin mengatakan...

Gw juga mengalami apa yang Saudari rasain.
Detik saat gw menulis ini pun gw masih dalam kondisi ini, Tetapi sudah jauh berkurang dari beberapa hari yang lalu.
Tips dari gw untuk memulihkan kondisi-kondisi spt ini :
1. Perbanyak Vitamin (terutama C)
2. Istirahat yang cukup (Penting)
3. Banyak"lah minum air putih
4. Jangan terlalu stress memikirkan sesuatu

Jujur gw kapok kalo misalnya kena ginian lg, amit99x...motto gw mulai dr skg, Hargailah Hidup lu deh.
Buang kebiasaan2 makan ga jelas, minum seadanya, tidur kurang.
Trust me, it reallllly hurts. haha

Anonim mengatakan...

Buat yg hamil mendingan cek ke dokter kandungan, takutnya itu herpes simplex (hsv), mudah2an tidak membahayakan janin. Bisa jg dilakukan tes darah.

Rosliana Ratumurang mengatakan...

aku sedang ngalami udah seminggu...udah ke dokter 3x. 800hk$ eh belum sembuh sembuh.tp udah agak berkurang tinggl 3 luka it's really hurt :'(