history of herlandhi

history of herlandhi

Selasa, 23 Maret 2010

H I D U P

Kata sebagian orang, hidup kita bagaikan roda yang berputar, kadang kita berada di atas, kadang berada di bawah. Entah banyak yang sependapat dengan statement itu atau tidak. Hidup itu tinggal bagaimana kita menjalankan roda tersebut, dengan cepat atau perlahan, dan ke arah mana kita akan berjalan. Tapi sepertinya tidak semudah seperti bermain kata-kata, tetapi hidup sangat penuh dengan hal-hal yang luar biasa. Aku yang mencoba menuliskan sebagian pengalaman atau hal-hal yang terjadi dalam kehidupanku saja tidak pernah berhenti berpikir tentang kehidupanku sendiri. Apa yang aku lakukan kemarin? Apa yang sedang aku lakukan sekarang? Dan apa yang akan aku lakukan besok? Menuliskannya tentu tidak selesai dalam waktu yang sebentar. Aku suka bermain dengan kata-kata, aku suka menuliskan segalanya, aku bisa dengan mudah melakukan itu, tapi hidup tidak semudah itu. Bila kita bisa mengambil kesimpulan, tinggal bagaimana kita mengartikan hidup, tinggal bagaimana kita mengisi kehidupan kita, karena hanya kita sendiri yang mengerti tentang kehidupan kita.

Suatu pohon bisa tumbuh subur tentu bukan permainan magic atau sulap. Tapi itu berkat kerja keras semua anggota tubuh si pohon itu, masing-masing mempunyai tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan, karena bila tidak, maka akan memperlambat bahkan menghentikan kehidupan si pohon itu. Daun bertugas sebagai tempat terjadinya fotosintesis, bertugas sebagai alat pernafasan. Akar, bertugas mencari sumber air dan mineral, kemampuan akar menembus lapisan tanah sampai jauh ke dalam merupakan sebuah kekuatan yang tak tertandingi. Batang, menghubungkan antara akar dengan daun. Sama halnya dengan manusia yang mempunyai anggota tubuh yang paling sempurna di antara makhluk lainnya, anggota tubuh manusia juga mempunyai tugas dan fungsi masing-masing yang satu sama lain saling berkaitan. Apabila salah satunya tidak berfungsi atau difungsikan dengan baik, maka akan mengganggu yang lainnya. Semua itu merupakan sebuah siklus yang sudah tetap dan tidak ada yang bisa merubahnya.

So, jangan sia-siakan hidup kita. Kita sendiri bahkan tidak tahu akan berapa lama kita hidup di dunia. Ayo isi hidup ini dengan berbagai hal yang positif yang bisa menunjang kehidupan abadi kita besok. 

Sedikit iseng-iseng untuk menyemangati diri sendiri dan orang-orang yang membacanya.

Tidak ada komentar: